Rabu, 28 Maret 2012

Curhat Obat Pencegah Bunu Diri

Tren bunuh diri Jakarta dengan menjadikan gedung meningkat. Umumnya para pelaku memilih mal dan gedung bertingkat sebagai media. Misalnya saja baru-baru ini kasus orang bunuh diri terjadi di Plaza FX, Blok M, hingga Plaza Gajah Mada.
Sebenarnya hal itu bisa dicegah ketika keluarga atau teman memberikan ruang untuk curhat.
"Banyak pelaku yang mengurungkan niat mereka untuk bunuh diri karena sesaat sebelumnya mereka didampingi oleh orang lain yang sudi mendengarkan keluh kesah mereka, " kata psikolog forensik Universitas Bina Nusantara Jakarta, Reza Indragiri Amriel.

Dari banyaknya orang bunuh diri semacam ini, sepatutnya harus diseriusi dengan menyediakan jasa-jasa semacam hotline number. Ini supaya masyarakat dapat tetap menemukan teman berbagi saat tengah dirundung persoalan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sampai tahun 2008, Indonesia belum memiliki data kuantitatif perihal insiden bunuh diri. Kementrian Kesehatan juga tidak punya data akurat tentang bunuh diri. Namun, sebagai perbandingan, setiap tahunnya ada sekitar satu juta orang yang tewas akibat bunuh diri.

Ini setara dengan angka kematian global sebanyak 16 jiwa per setiap 100 ribu orang, atau 1 kematian setiap 40 detik.

"Artinya, jumlah kasus bunuh diri yang kita saksikan adalah cuilan kecil dari jumlah kejadian bunuh diri yang sebenarnya,".

Yang terpenting untuk mencegah ini semua adalah kematangan emosial individu harus terus di pupuk oleh keluarga. "Kematangan emosional sebagai kunci mengatasi problem hidup. Selain itu juga di sosialisasikan konsekuensi negatif setelah individu melakukan aksi nekadnya,".

0 comments:

Posting Komentar

Thank You!!


Add Me
Follow Me
Add Me
Add Me

iklan

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket